Pengumuman

Sori ya teman-teman, mulai sekarang, kayaknya saya bakal jarang banget posting ke sini. Postingan tentang manga dan anime juga saya pindah ke blog saya yang satunya.
Ditambah, saya jarang banget baca novel :(

FAIRISH, Esti Kinasih



Judul : FAIRISH!!
Penulis : Esti Kinasih
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 312 halaman
Price : Rp 34.500,00 (sumber bookoopedia.com,, kalo mau liyat page-nya klik disini)

Yap! Ini novel perdananya Kak Esti Kinasih yang kupikir rada' mirip sama Drama Asia "My Name is Kim Sam-soon" Hehehe. Aku sih nggak terlalu mempermasalahkan ke rada' miripannya karena hal seperti itu sering banget di dunia tulis-menulis. Tinggal gimana kita ngolahnya aja sehingga jadi menarik banget. Dan aku akuin, novel ini menarik banget kok^^

Novel FAIRIS ini bercerita tentang gadis SMA mungil bernama Irish. Kehidupannya yang biasa-biasa saja mulai berubah sejak kedatangan murid pindahan super ganteng bernama Davi. Davi yang ditaksir banyak cewek mulai kewalahan dan menyusun rencana. Dia, bermaksud menjadikan FAIRISH sebagai pacar pura-puranya.

Oh ya, btw dibawah ini ada ulasan beberapa kemiripannya FAIRISH sama "My Name is Kim Sam-soon"

Persamaan :

1-- Ada seorang cowok yang sama-sama menjadikan seorang gadis sebagai pacar pura-puranya untuk menyelesaikan masalah mereka.

Kalo di Novel Fairish, ada Davi yang sengaja minta tolong kepada Irish (Fairish) buat jadi pacar pura-pura karna Davi sudah bosan dikejar-kejar cewek.

Kalo di drama "My Name is Kim Sam-soon" ada Jin-hun yang menjadikan pacar pura-puranya supaya bisa menghentikan perjodohan yang diatur ibu Jin-hun.

2-- Kedua laki-laki (Baik Davi di novel FAIRISH maupun Jin-hun di drama MY NAME IS KIM SAM SOON) punya alasan yang sama kenapa mereka memilih gadis yang mereka jadikan pacar pura-pura. Yaitu mereka berdua yakin kalo mereka nggak bakal bisa jatuh cinta sama gadis yang mereka pilih.

By the way,, ada satu dialog yang sama persis antara Jin-hun di drama MY NAME IS KIM SAM SOON dan Davi di novel FAIRISH. Dialog yang sama-sama ada di kedua drama ataupun novel ini adalah (garis besarnya aja ya)
Irish : "kenapa kamu memilih aku sebagai pacar pura-pura mu? kenapa nggak orang lain?"
Davi : Karena aku yakin aku nggak akan pernah suka kamu dan kamu juga nggak akan pernah suka aku.

Nah, di drama MY NAME IS KIM SAM-SOON juga ada dialog macam begitu lho. Aku nggak tau itu kebetulan atau enggak.

3-- Davi atau Jin-hun, sama-sama punya masa lalu dengan cewek yang mereka cintai. Dan sama-sama punya rasa bersalah karena pernah mengakibatkan orang yang mereka sayangi meninggal.

4-- Davi atau Jin-hun sama-sama punya trauma terhadap kendaraan karena kecelakaan di masalalu. Kalo Davi di novel FAIRISH trauma sama motor, Jin-hun di drama MY NAME IS KIM SAM-SOON trauma sama mobil. Dan trauma itu sama-sama diakibatkan karena kecelakaan.

Waw,, dipikir-pikir lagi, banyak yang mirip disana-sini yah? Ini cuma perasaanku atau gimana ya? Hehehe.

Tapi cara nulisnya Kak Esti Kinasih ini keren sih,, bisa mempengaruhi pembaca dan mutar balikkan emosi pembaca. Menurutku itu bagus. Klimaksnya juga nggereget banget. Banyak kata-kata yang keren dan kita seolah terseret dalam novelnya. Nggak heran novel ini jadi best seller.

Tapi, ya itu tadi. Aku agak kurang srek sebenernya. Hehe,, tapi okelah. Toh keren juga sih.

1 cuap-cuap pembaca:

Cix said...

Aq salah satu penggemar beratny mbak Esty Kinasih, kl boleh bilang setau aq my name is kim sam soon itu dibuat tahun 2005 sedangkan Fairish itu tahun 2004 malah kl gx salah fairish ini udah pernah diterbitin di majalah apa gitu di jogja taon 2002, so menurut aku mungkin itu cuma kebetulan kali ya... karna aku jg udah nonton Serial korea kim sam soon dan menurut aq beda kok ... ^^

Post a Comment

Udah baca entry-nya Frey?
Mau ikutan cuap-cuap?
Monggo atuh... :D

Sebisa mungkin jangan pakek anonim ya teman-teman,, supaya kita knal lebih dekat. Kalo kalian nggak punya blog, bisa pakek "name/url". Kamu bisa tulis nama kamu doang, dan url page kamu (contoh, URL fb)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...