Pengumuman

Sori ya teman-teman, mulai sekarang, kayaknya saya bakal jarang banget posting ke sini. Postingan tentang manga dan anime juga saya pindah ke blog saya yang satunya.
Ditambah, saya jarang banget baca novel :(

Jurnal Jo, Ken Terate! THE BEST NOVEL THAT I EVER READ


Penulis : Ken Terate
Penerbit : Gramedia

I love this novel so much!! THIS IS THE BEST NOVEL THAT I EVER READ!!!! WOW!!! Hanya satu kata yang bisa menggambarkan novel ini. "AMAZING!!"

Apa yah.... novel ini bukan mengutamakan cinta. Novel ini bukan menitik beratkan pada cinta. Tapi bukan berarti nggak ada cinta di novel ini. Mungkin itu ciri khas tulisan Mbak Ken Terate pada setiap novelnya (yang pernah kubaca maksudku)

Aku mencintai novel ini bukan karena kisah cinta yang mengharu biru ataupun karena ada cowok-cewek yang ditakdirkan untuk bersatu atau semacamnyalah pokoknya. Aku mencintai novel ini karena novel ini bisa mengangkat cerita tentang anak SMP yang sebenernya. Aku sangat mencintainya mungkin karena sekarang aku juga seorang anak SMP.

Benar-benar kehidupan seorang siswi kelas 1 SMP bernama Josephine atau biasa dipanggil Jo yang masih mencari tentang apa sih arti cinta? Eits.... walaupun gitu, novel ini nggak menitik beratkan kepada cinta lho ya.... Novel ini bercerita seputar pencarian jati diri Jo yang sebenernya.

Pertama, Jo mempunyai seorang sahabat dari SD bernama Sally, sahabatnya itu ternyata se-SMP lagi dengannya. Dan kata Sally, SMP itu adalah saat dimana mereka jadi dewasa. Akhirnya, dengan polosnya mereka berguru pada tetangga mereka yang bernama Novi atau nama kerennya "Ovie" tentang apa-apa saja yang harus dilakukan jika mereka masuk SMP.

Karena kepolosan mereka, mereka menaati segala macam apa yang dikatan oleh Ovie (yang namanya tampak seperti "Ovum" oleh Jo) termasuk dengan mencari nama beken. Contohnya, Novi menjadi Ovie biar lebih keren. Langsung aja deh.... Sally (bacanya Seli) berganti nama menjadi "Ally" (Eli) Sedang kan Jo bingung sendiri, nama panggilannya dirumah adalah Josie, tapi masa' namanya dipendekkan menjadi "Osie"? Nggak keren kan? Bagian ini aku ketawa ngakak banget. Tapi nggak hanya ini kok. Banyak adegan yang bikin aku ketawa.

Oh ya... setelah mereka masuk SMP ternyata ada GANK anak-anak cantik yang terdiri dari Nadine (anak indo), Tiurma (anak sunda), Mei (anak Chinesse) dan satu lagi aku lupa. Pokoknya, yang boleh gabung di situ cuma anak-anak dari kalangan orang kaya ajah. Awalnya Jo dan Sally (yang nggak mau dipanggil Sally lagi tapi Ally) nggak suka terhadap GANK itu, tapi entah kenapa semakin hari Sally atau Ally tidak pernah menyapa Jo dan malah gabung ke GANK itu dengan mengaku kalau dia anak pengusaha. Padahal Sally atau Ally adalah anak dari peternak burung puyuh aja... sama sederhananya dengan Ayah Jo yang kerjanya jadi guru Bahasa Jawa di sekolahnya dan ibunya yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris di SMA (ini menjelaskan kenapa nama Jo adalah Josephine Wilisgiri. Gabungan dari barat dan Jawa)

Jo jadi semakin tidak mengerti dengan Sally atau Ally. Sally atau Ally semakin hari jadi semakin menyebalkan. Akhirnya, untuk membunuh waktu, Jo ikut dalam kegiatan karang taruna kampungnya dan ekskul sastra di sekolahnya.

Pada waktu Jo ikut Ekskul sastra, berhembus kabar ada anak cowok cakep yang namanya Andre. Sebenernya anak cowok itu udah terkenal dari dulu sih.... cuma Jo bari tahu kalau Andre itu luar biasa cakep waktu dia masuk klub sastra. Dimana Andre baru saja menjadi ketua dan memilih Jo sebagai anggota. Dan.... Jo pun jatuh cinta!! Wakakak......

Di lain kegiatan (maksudnya karang Taruna di kampungnya) dia bertemu dengan cowok SMA sopan keturunan india bernama Rajiv. Awalnya Jo ilfeel sama nih cowok.... tapi berkat pengalaman tak terlupakan bersama nih cowok -eits... jangan mikir macem-macem- pengalamannya itu adalah minta sumbangan dari rumah ke rumah, Jo jadi tahu sesuatu tentang apa itu memberi dan menerima. Rajiv sudah mengajari Jo banyak hal dalam satu hari.

Tapi, beberapa hari kemudian, setelah luar biasa benci pada Saly atau Ally atau Ginny (nama lain Sally yang diberikan Nadine karena Harry Potter menjamur) Jo malah direkrut untuk masuk GANK nya Nadine itu dengan nama Luna. Waduh..... Jo luar biasa bangga lah... yang semula benci sama shopping, Jo jadi ikut-ikutan shopping dan ketularan mereka. Ada satu lagi kabar mengejutkan, Andre nembak dia....

Lanjutannya??
Baca sendiri.... nggak surprise dong!!
Yang jelas... aku paling suka sama tokoh Rajiv....

6 cuap-cuap pembaca:

mariatul said...

iya emang keren banget nich novel....

merasa kaya di dunia sndiri{anak smp gtl}

gimana sengsaranya jo tentang ketinya...
ngakak berat gue.........

yang jelas emang rajiv yg palaing ok.......

Eka said...

lw aq bacanya aga ngga sreg, frey,,,

hehe mungkin karena aq anak SMA kali ya, jd haus novel cinta haha

tp aq seneng akhirnya ada novel yg nggak terlalu membebani cerita dengan kisah cinta...:)

uda baca karya ken terate yang 57 detik? tp ni SMA. meskipun gitu, rasanya kisah cinta juga limit banget di sini. Khasnya banget.

putri said...

Jo sama Rajiv aja kalo menurut aku. jangan sama andre,kasian Jo kalau harus di kecewain lagi...
tapi,ada tapinya... Rajiv kan harus sama orang india? , terus gimana dong? ,pengen deh sekolah di sekolah yang ada kegiatan sosial gitu(walau ribet) dan asyik kayak sekolah Jo!

Anonymous said...

aku udah pernah baca yg jurnal jo online,,,ceritanya culun bikin nguakak trus,,trus didalam crita dicritain adek laki2 nya jo seneng nempel ingus dikartu,,bagian itulah yg bikin q NGAKAK,,sampek skarang,,wkwkwk

Anonymous said...

bagus banget, pengen baca lagi
novelnya dari saya kelas 8 smp sampe skrg 11SMA aja jarang dirumah, novelnya dipinjem terus sm tmn2

Anonymous said...

tiurma itu anak medan

Post a Comment

Udah baca entry-nya Frey?
Mau ikutan cuap-cuap?
Monggo atuh... :D

Sebisa mungkin jangan pakek anonim ya teman-teman,, supaya kita knal lebih dekat. Kalo kalian nggak punya blog, bisa pakek "name/url". Kamu bisa tulis nama kamu doang, dan url page kamu (contoh, URL fb)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...