Pengumuman

Sori ya teman-teman, mulai sekarang, kayaknya saya bakal jarang banget posting ke sini. Postingan tentang manga dan anime juga saya pindah ke blog saya yang satunya.
Ditambah, saya jarang banget baca novel :(

SHEILA--Luka Hati Seorang Gadis Kecil by Torey Hayden--Book1 (Resensi Novel)


Tittle : SHEILA--Luka Hati Seorang Gadis Kecil
Author : Torey Hayden
Penerbit : Qanita
Tanggal Terbit : Juli 2009
Cetakan Kedua : Oktober 2009
Asal : New York
Penerjemah : Rahmani Astuti
Halaman : 382 Halaman
Price : Rp 52.000,00


Finally,, setelah 3hari berkutat dengan 'lanjutin apa enggak,, lanjutin apa enggak' dengan novel ini... aku selesei. Yeah~~~~ *teriakan kemenangan berkumandang*


Makasih buat Chaca yang udah minjemin aku novel ini, walaupun dia awalnya gak yakin aku bakal suka apa enggak. Tapi ternyataaku bener-bener nikmatin buku ini.

Yang menarik, walopun di forum-forum maupun toko buku online bilang kalo buku ini adalah nonfiksi dan bergenre psikologi,, tapi aku gak ngerasa begitu. Buktinya, aku yang notabene benci banget sama nonfiksi bisa ngebacanya. Karena buku ini, atau bisa kubilang, novel ini punya alur. Dan alurnya itu menarik.

Ini sinopsis-nya:

Sudah ada delapan murid berusia tak lebih dari 10 tahun di kelas itu. Seorang anak pernah dua kali mencoba bunuh diri, seorang anak buta, seorang lagi agresif, dua orang anak menderita autisme, seorang skizofrenia, seorang pernah mengalami penganiayaan fisik dan seksual, sedangkan yang terakhir menderita beragam fobia.

Jika anda mengajar dikelas itu, bersediakah Anda--seperti Torey Hayden--menerima seorang murid lagi, seorang gadis berusia 6 tahun yang baru saja membakar anak laki-laki berusia 3 tahun sampai nyaris mati? Gadis itu ber-IQ diatas 180, tapi menderita problem emosional parah. Dia tak pernah menangis, baik kala sedih, marah, maupun kesakitan. Dia juga agresif dan selalu membangkang. Mungkin karena sang ibu meninggalkannya di jalanan saat berusia 4 tahun. Mungkin karena dia memang tak tahu bagaimana membuat orang lain mencintainya.

Dalam buku ini, sang guru menuturkan pengalaman nyatanya berusaha menyentuh hati si gadis kecil dan memunculkan segala potensi yang dia miliki. Berhasilkah sang guru? Berhasilkah Sheila mengatasi segala kendala yang menghalanginya dari bertumbuh layaknya gadis kecil lain?


Well, menurutku Torey Hayden sebagai psikolog sekaligus sebagai guru bener-bener mengagumkan karena bisa menulis buku yang membuat pembaca sangat terpengaruh dengan tulisannya (dalam kasus ini pembacanya adalah aku)

Aku dapet banyak banget hal dari sini,, tentang cinta, rasa percaya,, gitulah. Dan bagusnya, aku juga bisa terhibur karena ceritanya keren *eaaa*
Walopun agak Dark,, walopun ada salah satu bagian yang ngebuat aku meringis karna ngeri (ada adegan yang berdarah-darah,, tapi bukan karna action ato semacamnya) tapi secara keseluruhan,, memikat.

Diawal... semuanya mengalir. Setelah kemunculan Sheila sang tokoh utama,, konflik-konflik yang menyeruak cenderung fokus pada menjinakkan Sheila yang liar. Hehehe, aku sempet berhenti baca satu hari karna mataku ngantuk. Mungkin karna aku belum nemu 'sesuatu' yang ngebuat aku tetep menahan mataku untuk ngebaca. Tapi akhirnya,, aku bisa ngikutin dengan nyaman. Menikmati konflik demi konflik yang punya 'kemanisan' sendiri-sendiri dalam novel ini.

Asik lah... dan,, keren juga aku pernah baca buku beginian (lah??) hahahaha.

Eh, btw, ini baru buku satunya. Belum buku dua. Aku gak tau kapan aku bisa minjem tapi pas aku ngintip sinopsisnya di Internet,, buku yang kedua tu tentang SHEILA yang udah dewasa (waaa... jadi penasaran)


Oh ya,, setelah ini aku ada dua antrian novel lagi yang minjem dari Chaca. Asiiiik. Mumpung lagi musim liburan,, jadi kegiatanku santai banget. Pinjem,, baca,, beli,, nyewa Manga atopun Novel. Huahahaha. Indahnya dunia setelah UAS.

6 cuap-cuap pembaca:

dunia kecil indi said...

Hi, Frey :) Torey Hayden itu penulis kesukaan alm. Mika (mantan pacarku). Gara2 dia aku jadi rajin baca buku2nya. Dari situ juga aku dapat istilah "spesial" untuk menggantikan kata "cacat".
Kamu harus baca buku keduanya. Judulnya Tiger's Child. Hmm, tapi yang kedua itu lebih dark, sih..
Banyak kok judul2 lain dari Torey yg juga bagus. Cuma "Sheila/One Child" ini yang paling populer.

Frey si pencuap said...

Mbak Indi : Wuahhh... Kak Mika suka bukunya Torey Hayden juga? XDD
:') Moga Kak Mika bahagia di alam sana ya Mbak,, banyak banget kebaikan yang udah dia lakuin :)

Makasih juga buat sarannya Mbak,, aku juga lagi cari2 bukunya lho XD

A.D.I.N.A said...

halohalo...
frey, sheila yang book 1 ada di aku lhoo sekarang tapi belum tak buka blas. hehe :)
wina juga bilang kalo ada beberapa part yang bikin merinding.
jadi takut ! haha :D

Wina Zhonniwa said...

hahaa.. iya din.
Tapi merindingna bukan kayak habis nonton horor kok.. Tapi karna Sheila ngalami kejadian yang cukup sadis.
Pokonya nggk kebayang ada gadis sekuat dia. b^^d

Diary Gisma Chairunnisa said...

@kak indi : kak, aku udah baca buku yang cerita tentang kakak sama alm. kak mika loh :'( ceritanya bagus, semoga kak mika istirahat dengan tenang disana ya
@frey ; woaaa, serem amat ceritanya, ada adegan darah-darahan ya? :)

Frey si pencuap said...

Gisma : Iya gis,, ada satu bagian yang iuhh... begitu. Tapi secara keseluruhan bukan 'darah-darah' itu intinya :D
Coba baca deh.
Ehehehehe,.

Post a Comment

Udah baca entry-nya Frey?
Mau ikutan cuap-cuap?
Monggo atuh... :D

Sebisa mungkin jangan pakek anonim ya teman-teman,, supaya kita knal lebih dekat. Kalo kalian nggak punya blog, bisa pakek "name/url". Kamu bisa tulis nama kamu doang, dan url page kamu (contoh, URL fb)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...