Pengumuman

Sori ya teman-teman, mulai sekarang, kayaknya saya bakal jarang banget posting ke sini. Postingan tentang manga dan anime juga saya pindah ke blog saya yang satunya.
Ditambah, saya jarang banget baca novel :(

Golden Days (Review Manga Complete)




Tittle : Golden Days
Mangaka : Shigeru Takao
Series : 1-8 (Complete)
Genre : Shojo (maybe)
Peneebit di Indo : Elex Media Komputindo

Gilaaaak, ini saya barusan namatin ini sampe volume 8 dikamar nih. Ngebut sengebut-ngebutnya walopun sebenernya sudah ada rencana namatin dari dulu. Jadi si Farah dulu pas awal-awal jadi fujo itu suka sama manga ini, dia baca onlen di inet. Tapi kagetnya, ternyata di Indo itu sudah ada seri lengkapnya!
http://www.emocutez.com
Makanya,, menggila deh. Sampe akhirnya dua minggu lalu dia beli seri lengkapnya dan fualaaa~ saya minjem dehh. Kkkk~

Sebenernya awalnya sempet agak ga tertarik. Tapi pas diceritain sinopsisnya sama Farah kok kelihatannya bagus, yasudah akhirnya pinjem.

Jadi, manga ini bercerita tentang Mitsuya Souma , seorang anak SMA yang dibesarkan oleh Ibu yang overprotektif. Kemana-mana selalu dikhawatirkan sama Ibunya karna pas dia kecil, dia pernah diculik orang. Pelampiasan kekesalah Mitsuya hanya pada biola kesayangannya. Biola yang diberikan oleh kakek yang sangat dia sayangi. Tapi bahkan, cuma buat maen biola aja, Ibunya ga ngebolehin dia.

Kakek yang nantinya akan memberi Mitsuya kenangan ga terlupakan seumur hidupnya.

Semuanya bermula saat kakeknya didiagnosis berumur nggak lama lagi dan harus menghabiskan waktunya di rumah sakit. Mitsuya yang sayang banget sama kakeknya mutusin buat ngejenguk kakeknya tiap hari dan ngebawa biolanya yang paling berharga baginya. Dan karena itu Mitsuya tau satu hal, kakeknya menyimpan penyesalan yang dalam tentang masa lalunya. Penyesalan yang Mitsuya sendiri ga tau apa.

Miris banget, didetik-detik kritis kondisi kakeknya, Mitsuya mainin biolanya. Ga peduli sama Ibunya yang marah karena ga ngebolehin Mitsuya maenin biola, ga peduli sama semuanya, da terus maenin biolanya, berharap supaya kakeknya bisa ngedengar suara biolanya. Berharap supaya sebelum pergi, kakeknya bisa menghapus penyesalan terbesar dalam hidupnya.

Tapi takdir bilangnya laen, waktu itu Mitsuya jatuh dari tangga karna nolong Ibunya. Dan begitu dia sadar, dia sama sekali nggak berada di rumah sakit tempat dia jatuh. Sekelilingnya sama sekali berbeda, sama sekali nggak dia kenal. Lebih lagi, seorang cowok seumurannya tiba-tiba memukulnya dan bilang kalo dia jangan kabur lagi.

Awalnya Mitsuya bingung, Sekelilingnya tampak sangat kuno, mobil-mobil jarang lewat, dan cowok seumuran yang barusan memukulnya itu memanggilnya dengan nama "Yoshimitsu", yang adalah nama kakeknya. Itu semua membuat Mitsuya merinding.

DIA KEMBALI KE MASA LALU!! Entah dia harus bersyukur atau tidak, tapi wajahnya sangat mirip dengan kakeknya, itulah yang ngebuat dia dikira kakeknya.

Mitsuya emang bingung luar biasa, tapi cuma butuh waktu sebentar baginya untuk menyadari, bahwa terkirimnya dia ke masa lalu memiliki sebuah tujuan. Yaitu untuk menghapus penyesalan terbesar kakeknya sebelum kakeknya meninggal. Mitsuya harus mengubah sejarah.

Ternyata cowok yang mukul dia itu teman sejak kecil kakeknya yang bernama Jin. Seseorang yang kakeknya sayangi, dan seseorang yang menyayangi kakeknya.

Gitu dehh ceritanya,, tinggal bagaimana cara Mitsuya menemukan apa yang menyebabkan kakeknya menyesal. Dan ya, kalo Mitsuya dianggap sebagai "Yoshimitsu" oleh Jin dan orang disekelilinya, terus, kemana menghilangnya "Yoshimitsu" yang asli?

Tentu aja ini bagian dari cerita, gimana entar perjuangan Mitsuya mencari kakeknya yang masih muda, dan gimana entar Mitsuya menemukan 'kenyataan' tentang masa lalu kakeknya, dan apa yang menyebabkan kakeknya menyesal setengah mati.

Bisa nggak Mitsuya menyelesaikan misinya di masa lalu dengan Jin (teman masa kecil kakeknya), Yuriko (kakak dari kakeknya), Aiko (adik dari Jin), dan Kei (sepupu Mitsuya dari masa depan yang ikut terlempar ke masa lalu)

Terus gimana kalo seiring berjalannya waktu, seiring Mitsuya mendapatkan kenangan tentang persahabatan, persaudaraan, kekeluargaan, dan cinta, Mitsuya semakin sadar kalo ternyata Jin, teman masa kecil kakeknya itu nyimpen perasaan cinta ke kakeknya? Dan yang lebih parah lagi... Mitsuya sudah terlalu terbiasa dengan kehadiran Jin.


(Mitsuya - kiri, Jin - kanan)
Menurutku, kalo dari segi ceritanya keren banget Sumpah. Tentang cinta dan persahabatan yang dalem banget. Dan yang lebih kerennya, ada suatu rahasia besar tentang kemana menghilangnya "Yoshimitsu" yang asli.

Emang, dari Volume 1-2 aku masih belom dapet poinnya, paling cuma gitu-gitu aja. Tapi dari Volume ke 3, semuanya mulai terangkai jelas. Kebersamaan Jin dan Mitsuya, alasan kenapa Yoshimitsu yang asli menghilang, kehadiran Kei yang harusnya dari masa depan, dan teka-teki yang melatar belakangi meninggalnya orang tua Yoshimitsu.

Overall keren lahh. Aku paling suka emang cerita tentang Time Slip. Karna permainan waktu itu keren banget. Endingnya apalagi,, nge-josss banget. Suka! Suka! Suka!

Farah se katanya sampe nangis baca manga ini, kalo saya... iya, ceritanya ngejoss pol-polan. Endingnya itu keren banget. Penutupan yang asik, permainan waktu yang bikin geleng-geleng. Terus entar gimana ending dari masing-masing tokoh disini bikin puas banget.

Sebenernya pas Farah bilang ke aku kalo ini komik Sho-ai dan berhasil masuk ke Indo aku agak kaget. Apalagi kata Farah sampe ada ciumannya. Tapi anehnya, pas aku tanya ke Mbak-Mbak penjada persewaan komik langgananku, aku kan tanya gini,

"Mbak, suda pernah baca ini?" (sambil tunjuk-tunjuk Golden Days)
"Sudah, yang ceritanya cowoknya Time Slip itu kan?" (ga ngeliat saya, malah nulis-nulis apa gitu)
"Iya,, sho-ai yak?" (dengan pedenya)
"Hahh? Shonen-ai maksudnya? Gak lahh," (sambil ngeliatin saya aneh)
"Lho... tapi kan ada ciumannya," (keukeuh)
"Bukan Shonen-ai yang jelas! Bagus kok ceritanya, tentang persahabatan!" (ikut keukeuh)

Akhirnya saya nyerah sambil berjanji suatu saat bakal buktiin sendiri dengan baca. Dan setelah saya baca? Huyeee~ dimata para Fujoshi, ini mah sudah sho-ai sekali. Eksplisit. Mitsuya sama Jin entar ada sceene ciumannya. Dimananya dari itu yang bisa dibilang gak sho-ai? Dimananya dari itu yang bisa dibilang cuma sekedar persahabatan?

Tapi, bagi bukan fujo di Indo, gak kali ya. Soalnya ceritanya gak hanya berfokus pada dua orang itu tapi juga pada tokoh-tokoh lain dan misteri yang ngelatar belakangi itu tadi. Apalagi dialognya suda dipermak sana-sini sama penerjemahnya.

Kayak misalnya, pas Jin sama Mitsuya pelukan terus Jin bilang gini ke Mitsuya..

"Aku menyayangimu, Mitsuya"

Yakin saya, pasti aslinya tuh "Suki Dayo" ato "Suki desu" ato "Daisuki" apalah itu, yang jelas bermakna "I love You" kalo diinggrisin. Tapi karna masuk ke Indo makanya agak disleborin jadi lebih soft.
Ya kan? Ya kan? http://www.emocutez.com

Pokoknya keseluruhan top deh,, suka-suka.

6 cuap-cuap pembaca:

Masayu said...

eh! eh! kamu jangan2 temannya Farah ank sasjep UNAIR? Aku dolo teman dia di MAN3 ! Aku juga nangis2 kagak karuan wktu baca nomer 8 pinjem punya dia!

masayu

Anonymous said...

Ikut nimbrung ya...
Bagus banget emang,.
Komik buatan shigeru takao seru2,.
Tapi ini yang paling seruuu,,..
Dalemmmm banget.,
Bercucuranlah air mataku..,

Anonymous said...

omygod makasih banget kak udh ingetin ada komik indony!! sy baca online dan devastated krn gk ad lanjutanny....dan skrg sy lgsung pinjem komikny! my god makasih bbgt kaaaa

Anonymous said...

saya juga nangis waktu baca spoiler vol-8 T^T Jin... TT o TT

sy sdr blm baca sampe tamat. scr d online br ada sampe vol-5! tapi di spoiler ada cerita tentang orang-orang yang ditinggal sm Mitsuya. dari yang sy baca hidup mereka ga happily ever after, tapi mereka tetap berjuang untuk hidup. kekuatan mereka yg bikin hidup mereka terlihat indah...salut sama shigeru takao

harus cari nih komiknya...

-36-

Unknown said...

Pertama kali baca lupa tahun berapa. Plot, karakter, sekaligus artnya keren banget. Meski ceritanya nyesek abis, banyak menguras air mata, plus membuatku galau berbulan-bulan, tapi manga ini tetep berharga banget buatku. Sekarang di tahun 2019 aku membacanya ulang, dan aku masih aja bisa nangis. Jin, Mitsuya, aaahh....judul Golden Days emang mewakili segala macam kompleksitas cerita: masa muda, persahabatan, keluarga, cinta, kehilangan, perang. Dan aku nggak tau lagi bakal galau berapa bulan (lagi) gara2 manga ini. Oh, Golden Days juga salah satu dr beberapa manga yg buat aku jd ketagihan baca Shounen-ai (#plak!). Yg jelas aku bersyukur banget karena aku menemukan kalian2 yg juga membaca dan nangis2 gara2 ini manga. 😊😊

Miliana said...

sepertinya seru komiknya yah

wardah perfect bright powder cream

Post a Comment

Udah baca entry-nya Frey?
Mau ikutan cuap-cuap?
Monggo atuh... :D

Sebisa mungkin jangan pakek anonim ya teman-teman,, supaya kita knal lebih dekat. Kalo kalian nggak punya blog, bisa pakek "name/url". Kamu bisa tulis nama kamu doang, dan url page kamu (contoh, URL fb)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...