Pengumuman

Sori ya teman-teman, mulai sekarang, kayaknya saya bakal jarang banget posting ke sini. Postingan tentang manga dan anime juga saya pindah ke blog saya yang satunya.
Ditambah, saya jarang banget baca novel :(

THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO - First Blomkvist and Salander Trilogy (Resensi Novel)


(P.S Eh, ini ak beli covernya ga kayak gini. Tapi emang banyak variasi covernya kok, kebetulan cover cetakan yang aku beli ga ada di images google. Ga tau kenapa)


Judul : The Girl With The Dragon Tattoo
Penulis : Stieg Larsson

Penerbit : Qanita

Tanggal Terbit : Juli 2009

Asal Buku : Swedia
Penerjemah : Nurul Agustina

Jumlah Halaman : 780 halaman (gila... tebel sangat! gitu2 aku tamat lho, haha)

Price : Rp 79.500,00


CUAP-CUAP

(Kalo kalian merasa cuap-cuapku gak penting-emang biasanya gak penting- Kalian boleh langsung baca resensinya kok, huahaha)

Sebelum aku ngeresensi tentang Buku Megabestseller ini, aku mau ketawa dulu. Kenapa? Karena akhirnya aku ngepost juga resensiku tentang Mega Bestseller ini. Bayangin ya Chingu~ aku tuh beli tanggal 2 September 2010. Artinya apa? Itu sudah sebulan yang lalu. Padahal selesainya juga cuma seminggu doang. Tapi aku baru ngeresensi sekarang.

Ckck ... sangat-sangat-sangat tidak produktif.

Nah, lanjut! Tessuara dulu ah... satu, dua, tiga!

Aku gugup nih, soalnya aku mau ngomentarin novel yang menyandang gelar "Mega Best Seller" XD Dan aku bener-bener beruntung karena beli novel ini. Aku juga mau berterimakasih pada ALLAH yang menunjukkan padaku adanya novel ini.

Sekilas cerita, dua bulan yang lalu, aku nyari buku paket buat sekolah di seluruh toko buku di Surabaya. Pas di Toko Buku Uranus, aku sekilas ngeliat covernya dan nggak tau kenapa aku langsung ketarik oleh magnet2nya gitu. Aku baca deh sinopsisnya, baru juga sebaris, Bunda udah nyeletuk "Mbak, ayo katanya nyari buku! Ngeliat novel entar ae."

Dengan berat hati, aku ninggalin novel ini. Terus beralih ke toko buku Togamas. Di Togamas, setelah belanja buku sekolah, aku malah beli keempat novelnya Mbak Ilana Tan padahal aku udah nuntasin baca sinopsisnya buku "THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO" ini.

Sumpah! Dari awal aku baca sinopsisnya, dalam hati aku langsung bilang : "Aku harus beli!" tapi aku baru bisa merealisasikannya satu bulan kemudian. Beberapa hari sebelum ke Bali, habis gajian tepatnya, aku ke Gramedia di Delta Plaza Surabaya barengan sama temen-temenku. Kebetulan banget, mereka juga mau beli komik ato novel.

Haha... langsung aku belanja buku. Habis hampir dua ratusan lah,, haha. Termasuk Secret Garden yang udah aku resensi itu. Langsung aku bawa ke Bali waktu mudik. Karena jadwal pemotretan disana yang begitu padat --haha, mbacot abis!-- penyelesaian buku setebal hampir 8ratus halaman yang awalnya kuprediksi cuma duahari jadi molor bin kolor jadi satu minggu --apa???--

Begitulah cerita singkatku. Langsung ke Resensi ya?

RESENSI

Mulai darimana aku harus mengomentarin novel MEGA BEST SELLER ini? XD Aku excited, pasalnya lama juga aku gak baca novel setebel ini. Terakhir sih Harpot 7 yang sampe mataku bengkak. Eh, itu atau Davinci Code yah? Wis, pokoknya lah!
.
Ceritanya sendiri mengenai seorang jurnalis muda bernama Mikael Blomkvist yang sedang tersandung masalah di pengadilan tentang pencemaran nama baik suatu perusahaan yang dia terbitkan artikelnya. Blomkvist sendiri adalah seorang jurnalis sekaligus pemilik majalah "Milenium" yang sangat idealis.

Ditengah kemelutnya, dia malah disewa oleh Henry Vanger, laki-laki tua mantan pemilik perusahaan super di Swedia untuk menyelidiki kasus keponakannya yang bernama Harriet Vanger yang hilang bertahun-tahun yang lalu.

Tahu nggak, pas pertama kali aku tahu kasus Harriet Vanger tadi, aku langsung berpikiran bahwa kasusnya itu mustahil. Nggak ada saksi, nggak ada mayat, nggak ada bukti. Semua penyelidikan yang dilakukan itu pasti nemuin jalan buntu. Jadi, awalnya aku nggak yakin apa Blomkvist bisa berhasil atau enggak.

Tapi ceritanya nggak sesederhana itu, untuk suatu alasan, Blomkvist harus bekerja sama dengan
Berstyle="color: rgb(255, 0, 0); font-weight: bold;">Lisbeth Salander
. Cewek umur 24 yang lebih cocok jadi anaknya. Salander adalah gadis asosial yang lebih mirip orang autis tapi siapa angka punya memori fotografis danama-sama, mereka berdua berusaha buat menguak suatu rahasia besar yang bener-bener tidak sesederhana keliahatannya. Semua kasus tentang Harriet ternyata berhubungan dengan sejumlah pembunuhan berantai.

Gak salah kalo novel ini disebut Mega Best Seller dan mendapat banyak penghargaan plus udah difilmin di Swedia. Lebih kerennya lagi, buku ini udah memasuki cetakan 13 di AS, sedangkan di Indonesia baru kedua. Aku belinya pas cetakan kedua nih.

Sekilas tentang penulisnya nih ya, Stieg Larsson ternyata udah meninggal tahun 2004. Cuma beberapa saat setelah dia ngirim naskah ketiga nobel triloginya.

Oh ya, cuma nih, novel ini nggak cocok buat pemaca yang nggak suka berpikir keras ditengah membaca. Haha, soalnya, baca buku ini sama kayak baca "Davinci Code" punyanya Dan Brown.

Oh iya, genre dari novel ini kan sebenernya novel kriminal, tapi aku rada gak setuju pada awalnya. Habisnya, bab awal-awal, pembaca disuguhkan masalah-masalah tentang ekonomi bisnis gitu. Padahal aku sama sekali kagak tahu, tapi aku mencoba terus membaca.... terus nyoba ngerti, dan pada akhirnya aku cuma bisa manggut-manggut gak yakin.

Masalahnya berat banget,, awalnya aku rada stres bacanya. Aku butuh hiburan,,, tapi semakin kebelakang, yap... yap... hiburan itu semakin terasa. Alur dan arah kemana Larsson ingin kita terbawa udah mulai kerasa. Dan... sampe ke klimaksnya dan ending... kueren banget! Keren! Keren! Keren! Aku suka.

Novel terjemahan ini adalah buku pertama dari "Blomkvist and Salander Trilogy" dan itu artinya, THE GIRL WITH THE DRAGON TATOO ini punya sequel2 lagi. Yang aku tahu sih, buku keduanya berjudul "THE GIRL WH PLAYED WITH A FIRE" udah ada, dan jauh lebih bagus dari yang pertama (hasil gugling) tapi aku masih bokek, kaga punya uang. Uang terakhir dari gajiku, udah amblas buat nyicil Televisi di Kamar. Hahaha.

NEXT>>>

Aku juga beli komik. Haha... Oh Ya.. Aku beli komik judulnya "DOLLS OF GOD" Manga. Kapan2 aku buat recaps nya, ato kalo enggak sinopsisnya. Soalnya komik berseri terbitan Level yang masih ada volume satu doang.

Guess What? Komik yang tak beli itu SHONEN lho. Hahaha. Frey baca Shonen selain Detective Conan? Yah, setelah aku tahu, Shonen itu gak buruk kok. Daripada aku baca Shojo terus, mending aku cari pengalaman baru. Tapi Shojo tetep... aku pasti bakal suka.

Yah, segitu dulu yah cuap-cuapku. Di Surabaya sekarang udah hampir jam sepuluh malam. Mana besok udah sekolah pula. Untuuuung aja,, kaga ada pe'er. Gak biasanya.

Ya udah Ya Chingu~ Assalamu'alaikum. Selamat tidur semua.

2 cuap-cuap pembaca:

Diary Gisma Chairunnisa said...

freeeyyy, lagilagi novel ini ngundang rasa penasaran akuuu, huuuuuh aku suka bgt novel pembunuhan berantai, apalgi yg gaada saksi, gaada mayat, huh mau baca jg neh aku :p

Frey si pencuap said...

Hahaha... beli aja Gis.. XD
Gak nyesel kok.
Tapi ya itu... agak berat diawal. Agak geregetan.
Aku prefer ke The Girl With The Dragon Tatoo daripada Secret Garden :)

Post a Comment

Udah baca entry-nya Frey?
Mau ikutan cuap-cuap?
Monggo atuh... :D

Sebisa mungkin jangan pakek anonim ya teman-teman,, supaya kita knal lebih dekat. Kalo kalian nggak punya blog, bisa pakek "name/url". Kamu bisa tulis nama kamu doang, dan url page kamu (contoh, URL fb)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...