Pengumuman

Sori ya teman-teman, mulai sekarang, kayaknya saya bakal jarang banget posting ke sini. Postingan tentang manga dan anime juga saya pindah ke blog saya yang satunya.
Ditambah, saya jarang banget baca novel :(

The Crossing of INGO--Last Book of INGO Tetralogy by Helen Dunmore + cuap2 tntg Sapphire x Faro


Judul : THE Crossing of INGO
Penulis : Helen Dunmore

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Terbit : Agustus-2010
Negara Asal : Britain

Penerjemah : Rosemary Kesauly

Halaman : 376 Halaman
Price : Rp 43.000,00


Annyeong All~ Akhirnya, diriku menyelesaikan seluruh buku Tetralogi INGO ini *lagu We Are The Champion berkumandang* Dan saatnya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya pada orang yang berperan besar dalam suksesnya proses pembacaanku. Yaitu Mbak "ELOK AMANDA KHARISMA PUTRI".

Dia, dengan baiknya minjemin seluruh novelnya ke aku tanpa memperhitungkan bisa balik lagi kedia dengan selamat sentosa apa enggak.

And Finally, aku baca sampe habis lho.Dan komentar singkatku adalah : Seandainya kisah INGO nggak berakhir secepat ini. Perasaan baru kemaren aku baca seri satunya, sekarang udah buyar.

Nah, di buku ke-4 ini, Pahlawan kita masih sama. Yaitu sepasang adik kakak yang mempunyai darah separuh manusia dan separuh Mer (makhluk mirip putri duyung) Sapphire dan Conor Trewhella. Tapi kali ini, konflik yang mereka hadapi makin kompleks. Mereka berdua harus mengikuti pemilihan remaja Mer untuk ikut penyebrangan INGO.

Pertanyaannya :

APAKAH PENYEBRANGAN INGO ITU??????

Itu pertanyaan wajar bagi yang belum baca, maka karena saya baik *huuuu* saya akan jawab pertanyaan itu.

Jadi, penyebrangan INGO itu suatu adat kaum Mer dimana remaja Mer yang sudah siap untuk dewasa melakukan perjalanan ke ujung dunia. Dan Conor serta Sapphire sebagai manusia dengan darah Mer, mempunyai misi untuk mendamaikan dunia INGO dan Manusia dan satu-satunya adalah dengan ikut penyebrangan itu. Tentu aja masih dibantu dengan dua orang teman Mer mereka, Faro dan Elvira.

Yang udah baca bukunya, pasti udah tau kalo Elvira dan COnor saling cinta. Nah, udah tau juga pasti kalo Sapphire dan Faro ada indikasi. Dan bagi yang udah baca Postingan ku sebelumnya, udah tau juga pasti kalo yang aku gebet tuh kisah antara Faro-Sapphire.

Masalahnya adalah, di buku ke-4 ini, cerita antara mereka berdua masih gantung. Walopun mereka tambah deket, bahkan ada lho bagian waktu mereka cuma berdua doang selama 2hari 2malam. Bayangin konco-konco!!! *histeris*

Tapi ironis banget sih, sementara Sapphire-Faro makin deket, Conor-Elvira malah renggang karena sesuatu (spoiler : mereka entar putus,, Yosss!!)

Masalah lebih besar lainnya : ERVYS!!! *efek dramatis* Tuh orang emang gak ada bosennya bikin rusuh di INGO. Dia gak pingin dunia manusia dan INGO damai. Gaje banget, benci aku!!

Eniwei, mari kita bicarain tentang ending. Inilah salah satu yang ngebuat aku mikir. Kalo dibilang sad ending, enggak juga sebenernya. Tapi kalo dibilang happy ending, kok rasanya jahat banget. Habis di buku-4 ini banyak yang gugur di medan perang (bahasa kerennya : mati)

Tapi overall, pokoknya bagus. Miss Dunmore seperti adatnya yang lalu2, pinter nyampein kata-kata. Penerjemahnya ya jempolan. Eh, ada yang hampir kelupaan nih. Tentang point of view-nya. Di CHapter pertama, aku sempet agak kaget gara2 Miss Dunmore memutuskan pake sudut pandang orang ketiga. Padahal, ketiga buku sebelumnya semua pada pake sudut pandang orang pertama.

Ternyata salah sih, soalnya cuma Chapter pertama doang yang make sudut pandang orang ketiga, yang lainnya tetep sudut pandang orang pertama yang dibebanin ke Sapphire. Tapi nggak masalah sih, soalnya semuanya gak mengganggu. Fine-Fine aja. Jadi untuk itu, aku nggak bakal komentar banyak-banyak.

Lebih baik, aku bocorin beberapa adegan yang ngebuat aku susah nafas saking senengnya. Yaitu adegan yang ada Faro x Sapphire mesra-mesraan *dasar!* tapi tentu aja ada bagian yang aku edit untuk pemuasan diri sendiri *dasar lagi!* cuma 5% doang.

So, Check it Out

Adegan awal-awal, waktu Sapphire berusaha menutupi ingatannya dari Faro. Faro nanya,

Faro : "Kenapa kau berusaha menutupi ingatanmu dariku?" (keliatan gusar gara-gara nggak bisa menebak isi kepala Sapphire)

Sapphire : "Tentu saja karena itu rahasia pribadiku Faro," (Sapphire ngejawab dengan tegas)

Faro : "Rahasia Pribadi??? Tapi tak ada batasan milikmu atau milikku diantara kita," (Sapphier langsung diem)

Hahaha, keren banget kan si Faro? Dia emang kepingin menegaskan bahwa dia dan Sapphire itu satu. Faro juga pernah bilang kayak gini ke Sapphire, *makin menegaskan bahwa dia nggak kepingin saling menyimpan rahasia dengan Sapphire*

Faro : "Tanpa kau bertanya pun aku tetap akan memberitahukannya padamu. Karena tak perlu ada rahasia diantara kita,"

Atau saat adegan klimaks di lost Island, waktu di pertarungan final dengan Ervys. Faro dan Sapphire terdesak, terus Faro bilang gini ke Sapphire *ini yang paling Nyak-Nyuk*

Faro : "Aku akan membelamu sampai titik darah pengahabisan adik kecil,"

Sapphire : "Aku juga akan membelamu, kita akan bertarung sampe mati,"

Faro : "Ya, kita tak akan pernah berpisah, kita akan mati bersama,"

Gimana? So Sweet kan? I swear Faro adalah Remaja Mer yang paling kusukai di INGO. Walaupun dia udah bilang segala hal yang bikin hati lemes karna melting ke Sapphire, tapi tetep aja Miss Dunmore bikin cerita yang ngegantung buat mereka.

Oh ya, terus kan aku gugling tuh. Iseng-iseng pake keyword "Faro x Sapphire" sama kayak pas aku search "Kurogane x Fai" aku nemu fan art kayak gini.... *share aja*


by blackkitty di devianart.com . Histeris lah aku,, gambarnya bikin deg-degan euy.

Komentarku : cocok sama bayanganku. Faronya berkulit coklat gitu, Sapphire-nya juga gak mengecewakan. Dan mereka lagi... well, ciuman? Hahahaha.... pokoknya top deh. Mana Faro bener-bener keliatan Macho!!! Sumpah aku melted!!!!!!!!

Walopun banyak forum2 di net yang bilang kalo "Faro isn't in love with Sapphire" dan pernyataan macam gitu, tapi aku tetep kukuh, suatu saat mereka bisa bersama.

Hahaha...
Sekian dulu deh cuap-cuapku kali ini. Moga-moga kita ketemu lagi di postingan berikutnya. *masih histeris karna gambar diatas*

Annyeong All~~~~

11 cuap-cuap pembaca:

Karina said...

frey kok skrg jrg resensi novel ???
kan klo g yg resensi frey g seruuu

resensi lagi ya :)
just frey that make my heart 'bergetar'

Frey_a said...

Apa??
Wahaha... Kar, kalo kamu bilang gitu saya ntar jadi besar kepala loh..
mau?

lol, saya jarang baca novel lagi Kar, however, saya janji dah saya bakal ngeresensi lagi :)

Jarang bukan berarti berenti kan?
thanks buat support nya... Love you dah :* *kisu kisu langsung digampar*

karina said...

tpi itu bener frey :D
masa gue gombal :D

cma frey yg resensinya bikin q masukk :D

knp jrg baca novel???
mau UN SMA ???

Frey_a said...

a kamu deh >///< *pukul2 punggung karina*

bukan :( tapi emang bingung novel apa yang bagus. Sekarang saya sibuk sama anime dan manga *eaaa*
XD

bentaaaar,, kita uda temenan di fb apa belom? OwO

karina said...

wkwkwk :D
oke2 mbk frey yg cantikkk :D
pernah baca 16 Life ? lumayan :D
You Can't Dissappear From Me? itu bagus :D
ska manga, q jga lho
wkwkwk :D

kayakx udh :D


yah frey, resensi u itu very bermanfaat :D
Q ksh novel yg bgus ya :D
1. RAMALAN FUDUS ORORPUS
udh bca???
2. JINGGA DAN SENJA, JINGGA DAN ELEGI
itu lumayannn




ditunnnggguuuuuuuuuuuuu :DDD
*muachhhh*
judt for frey

Frey_a said...

Huahahaha... jadi kamu juga suka manga?
You cant dissapear from me itu shoujo kan? aku lebi suka shonen :(

KYAAA... KYAAA... thanks deh rekomennya.
Sangat bermaanfaat XD

JDS sama JDE sudah baca ;D yang ramalan fudus itu ntar carik ahhh... lalala.

karina said...

wkwkwk... :P
Frey emg lucu :D
bener kan tebakan gue :P
shonen itu bkan jepang ya tpi korea semacam manhua??

Frey_a said...

gini kar,,
kalo shoujo tu ceritanya biasanya romance gitu kan? remaja cewek cowok gitu..

Nah, kalo shonen tuh sebnernya buat cowok. Jadi yang strategi, tarung, misteri, gitu :) Kayak naruto, onepiece, bleach, aku lebih suka gitu XD

Kita udah jadi friend di fb belum si kar?

karina said...

OOO....
q jga ska tpi filmx :D
knp g bca yg romance?
tau go chan kan ?
karyaxxx kata tmenq MANTAP :D

fb blm deh. q add u dlu
nanti di confirm ya

Frey_a said...

gak tau XD gak suka romance aja,, entah kenapa :D kalo romance yang beda baru suka ;D
kayak misalnya shinobi life. perna baca?

oke deh ;D

karina said...

kgk tau :D
hehehe :D
frey dri klz brp ska bca komik ma novel ?

Post a Comment

Udah baca entry-nya Frey?
Mau ikutan cuap-cuap?
Monggo atuh... :D

Sebisa mungkin jangan pakek anonim ya teman-teman,, supaya kita knal lebih dekat. Kalo kalian nggak punya blog, bisa pakek "name/url". Kamu bisa tulis nama kamu doang, dan url page kamu (contoh, URL fb)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...